Logo Hola Indonesia
Search
Jumat, 7 Februari 2025

Instagram Carousel Kini Muat 20 Foto, Begini Cara Menggunakannya buat Keperluan Konten Kreatif

Instagram Carousel Kini Muat 20 Foto, Cara Menggunakan untuk Keperluan Konten Kreatif
Tampilan aplikasi Instagram. Foto: Pixabay.
HOLAINDONESIA.id – Belum lama ini, aplikasi Instagram memperbarui kemampuan salah satu fiturnya, yakni carousel. Sekarang kamu bisa membuat carousel yang muat hingga 20 foto atau video.

Hal ini merupakan perubahan yang sangat berguna bagi para pengguna Instagram, mengingat sebelumnya hanya bisa membuat carousel dengan muat maksimal 10 foto.

Fitur baru ini sudah tersedia secara global, jadi kamu bisa mengeceknya sendiri melalui aplikasi di smartphone. Jika belum ada, cobalah untuk memperbarui aplikasi Instagram di Playstore.

Apa itu Carousel?

Fitur carousel merupakan fitur yang sangat penting di berbagai aplikasi media sosial. Dengan ini, para pengguna bisa memposting foto-foto atau video di feed mereka.

Dengan isinya yang bisa digeser ke samping, bisa membuat orang lain berhenti scrolling dan melihat-lihat konten carousel.

Di Instagram, fitur ini sudah diperkenalkan pada tahun 2017. Saat itu, carousel hanya bisa mengunggah foto atau gambar saja. Perusahaan milik Meta ini selalu aktif dan cukup sering memperbarui aplikasi andalan mereka ini.

Hingga pada bulan ini, fitur carousel bisa memuat video dengan tambahan lagu, alih-alih gambar. Bahkan jumlahnya bertambah dua kali lipat menjadi 20 slide.

Cara Menggunakan Carousel untuk Keperluan Konten Kreatif

Postingan carousel lebih menarik dan interaktif daripada postingan yang hanya berisi satu konten. Karena itulah fitur ini dapat meningkatkan engagement akun Instagram kamu.

Berikut ini contoh konten yang cocok untuk carousel di Instagram sebagai ide kontenmu.

  • Infografis’
  • Panduan
  • Photo dumps
  • Before-and-after
  • Pengenalan produk
  • Testimoni
  • Behind-the-scene

Nah, setelah mengetahui ide konten apa saja yang akan dibuat, kamu bisa mulai membuat konten gambar atau video. Setelah semuanya siap, tinggal ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Tekan tombol + di bagian tengah bawah layar.
  2. Selanjutnya pilih gambar atau video yang akan di unggah. Kamu bisa memilih sampai 20 buah.
  3. Tekan “Selanjutnya”.
  4. Kamu akan menemui beberapa pilihan untuk mengedit, di antaranya filter, tulisan, menambahkan gambar di atasnya, dan musik.
  5. Jika sudah puas mengedit, kamu bisa menekan “Selanjutnya”.
  6. Sekarang, kamu bisa menambahkan keterangan caption di kontenmu. Jangan lupa untuk menambahkan hashtag yang sesuai.

Selain itu, kamu juga bisa menandai orang, menambahkan lokasi, dan musik di carousel.

  1. Akhirnya, setelah mengisi berbagai info pendukung, kamu bisa mengunggah kontenmu dengan menekan tombol “Bagikan” di bagian bawah layar.

Selesai! Kamu sudah berhasil mengunggah dan menggunakan fitur carousel Instagram.

Manfaat Carousel

Seperti yang sudah disebutkan di atas, carousel dapat menaikkan engagement akunmu daripada menggunakan konten gambar atau video biasa.

Berikut manfaat yang akan kamu dapat dengan menggunakan fitur ini.

Menyajikan Cerita dengan Visual

Dengan jumlah slide yang mencapai 20 dalam satu kali posting, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk menyajikan suatu cerita secara terpisah dengan mudah dan rapi.

Isi dari tiap slide pun juga bisa beragam, mulai dari produk, testimoni, laporan data, dan info menarik lainnya.

Meningkatkan Engagement

Dilansir dari Social Insider, konten carousel di Instagram dapat meningkatkan engagement sebesar 5,13% daripada postingan biasa. Jika bisa memanfaatkan 10 slide, suatu merek dapat meningkatkan engagement rate per carousel lebih dari 2%.

Apalagi sekarang Instagram menambahnya menjadi 20 slide. Tentu kesempatan untuk meraih engagement audiens menjadi lebih besar.

Dua Kali Kesempatan Muncul di Feed

Berbeda dengan postingan biasa yang muncul satu kali di feed follower, carousel menggunakan banyak gambar sehingga memiliki dua kali kesempatan untuk muncul.

Dengan begitu, carousel bisa meningkatkan minat audiens dua kali lipat.

Lebih Lama Dilihat

Dengan banyaknya konten di postingan carousel, audiens pun dapat berlama-lama untuk melihatnya. Bisa diartikan, audiens yang betah berlama-lama menandakan mereka tertarik dengan kontenmu. Hal ini akan membuat algoritma Instagram menganggap kontenmu berkualitas.

Iklan

Dengan fiturnya yang berisi lebih dari satu gambar, membuat carousel sangat cocok dijadikan iklan yang menjangkau audiens secara spesifik.

Audiens yang sudah ditargetkan dapat melihat-lihat iklan yang bisa digeser tersebut kemudian diberikan link di bawah gambar yang menuju link eksternal atau toko.

Kesimpulan

Pembaruan fitur carousel Instagram yang bisa memuat lebih banyak lagi konten, dapat membantu suatu merek untuk menampilkan produk atau jasa dengan lebih menarik dan terperinci.

Selain Instagram, sudah banyak aplikasi media sosial yang memiliki fitur carousel, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan TikTok.

Yuk, segera manfaatkan fitur ini dengan maksimal agar dapat menaikkan engagement rate akunmu.

Bagikan:

Tag

Berita Terkini

7 Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap
Produk Lokal Indonesia Kualitas Internasional